Senin, 09 November 2015

6 Planet Yang Memiliki Hujan Unik Di Jagat Raya


Planet adalah benda angkasa luar yang tidak bisa memantulkan cahaya mereka sendiri, dan biasanya palnet tersusun dari bongkahan batuan seperti besi, silikon, magnesium atau zat kimia padat lain.

Tetapi sekarang Iontermarik tidak akan menceritakan tentang batuan pembentukannya, melainkan kejadian alam yang terjadi di planet tersebut yaitu 'Hujan'. Hujan adalah keadaan alam dimana zat cair atau pun padat jatuh dari langit ke bawah.

Dan Iontermarik akan merangkum 6 Planet Yang Memiliki Hujan Unik Di Jagat Raya..

1. Bumi [Hujan Air]


Kalian pasti tau planet kita adalah bumi memiliki hujan seperti apa, yap,, yaitu Air. Air adalah unsur sangat penting bagi planet ini, tanpa air maka tidak ada kehidupan di planet ini.

2. Venus [Hujan Asam Klorida]


Pernah dengar istilah hujan asam?, tapi apa efek dari hujan tersebut?, dan itu terjadi di Planet tetangga kita yang paling dekat yaitu Venus. Jika kalian tau Planet Venus memiliki atmosfer yang sangat tebal yang komposisi yang paling banyak terkandung yaitu zat karbon diosksida atau CO2. Jadi tidak heran di sana hujan bukanlah air melainkan zat Asam.

3. Planet HD-189733b [Hujan Kaca]


Loh kok bisa hujan kaca? Warna biru tua yang ada di planet gas raksasa itu bukanlah berasal dari lautan seperti halnya Bumi. tentu saja tidak mungkin dari lautan mengingat lokasi planet yang sangat dekat dengan bintang. Warna biru tua yang menjadi kekhasan planet berasal dari kabut turbulensi atmosfer yang mengandung partikel silikat yang menghamburkan cahaya biru.  Kandungan silikat pada atmosfer menjadikan planet tersebut memiliki curah hujan yang sangat berbeda!

Temperatur kondensasi silikat yang sangat tinggi yakni lebih dari 1300ยบ Celsius menyebabkan partikel-partikel silikat di atmosfer membentuk butiran kaca. Akibatnya, hujan yang turun di planet biru tua itu berupa hujan kaca yang turun menyamping ditiup angin yang bergerak 7000 km per jam. Wow...

4. Neptunus Dan Uranus [Hujan Berlian]


Kenapa bisa begitu?, Berlian merupakan salah satu bentuk karbon, senyawa yang mudah ditemukan di alam semesta ini. Jadi para astronom sudah tak heran menemukan planet dan bintang yang mengandung berlian. Namun penelitian terbaru di Uranus dan Neptunus membuktikan bahwa di dua planet kembar tersebut terjadi hujan berlian cair. Mantap Bukan?

5. Planet OGLE-TR 56b [Hujan Besi]


Planet menakjubkan ini merupakan salah satu dari exoplanets, yaitu planet2 yang ditemukan di luar tata surya kita. Uniknya, di planet ini terdapat awan yang ternyata tak terbuat dari uap air, melainkan oleh atom2 besi. Hujan di planet itupun merupakan hujan besi tapi bukan besi kiloan atau pun batangan, melainkan besi cair. Tak hanya itu, kala revolusinya juga sangat cepat, hanya memakan waktu satu hari.

6. Titan [Hujan Metana]

[RainTitan_hardy3.jpg]

Bukan nama film Attack Of Titan ya, Titan adalah salah satu bulannya Planet Saturnus kenapa sebab Salah satu bulan Saturnus ini menarik perhatian para ilmuwan karena sejauh ini, Titan merupakn benda langit di tata surya yang kondisinya paling mendekati bumi. Yap, di bulan ini terdapat lembah, gunung, bahkan sungai, danau, dan laut. Bedanya, di sini tak terdapat air, melainkan metana cair. Sama seperti air di bumi, metana di Titan juga mengalami siklus dan turun sebagai hujan.

Ok itu adalah beberapa planet yang memiliki hujan unik di jagat raya, banyak sekali misteri di alam semesta ini yang belum dipecahkan, tapi kita yakin pada waktu nantinya misteri tersebut akan bisa diketahui satu persatu sendirinya kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar