Senin, 09 November 2015

4 Postur Tubuh Yang Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesahatan dan Cara Mengatasinya


Perhatiin badan kita bentar, yuk. Apakah sikap badan (postur) kita udah benar? Membungkuk, bahu yang gak seimbang, dan leher yang kaku ke depan adalah contoh beberapa sikap badan yang salah. Postur ini biasanya disebabkan oleh lemahnya otot leher, posisi duduk dan tidur yang salah, dan waktu bekerja di depan komputer yang terlalu lama. Selain gak enak dipandang, postur buruk ini bisa berbahaya bagi kesehatan saraf. Postur yang salah bisa bikin ‘saraf kejepit’ karena seluruh urat saraf terhubung ke tulang punggung. Ini nggak hanya bikin punggung nyeri, tapi juga menyebabkan bagian tubuh lain ikutan sakit. Belum lagi resiko kelumpuhan total.

Di bawah ini, Iontermarik udah kumpulin 5 sikap badan yang salah dan bagaimana cara kamu membenarkannya lagi ke posisi semula. Ok langsung saja..

1. Badan Bungkuk


Kebungkukan disebabkan oleh lemahnya sendi-sendi di tulang selangka. Ini membuat otot pectoralis minor di tepi dadamu bekerja sendirian untuk menstabilkan sendi yang lemah tadi. Akibatnya, bahu cenderung maju ke depan dan tubuh jadi terlihat bungkuk

Cara Memperbaikinya:

Perbaiki postur ini dengan berbaring telungkup di lantai dan merentangkan kedua tanganmu ke samping. Kemudian, tekuk sikumu membentuk sudut 90-derajat, seperti yang akan kamu lakukan kalau mau tos sama teman. Masih mempertahankan sudut tadi, angkat kedua tanganmu hingga tulang belikat kanan dan kiri bertemu. Tahan selama 5 detik, kemudian turunkan perlahan.

Ulangi sampai 12 kali atau 1 set. Lakukan 2-3 set per harinya.

2. Leher Condong Kedepan


Ini adalah masalah utama kaum pekerja kantoran yang selalu menggunakan komputer. Leher yang condong ke depan adalah akibat dari otot belakang leher yang kaku. Supaya bisa bebas dari kondisi ini, otot leher kamu perlu direnggangkan kembali.

Caranya cukup mudah kok; kamu cuma perlu menggerakkan kepala doang. Turunkan dagu kamu hingga hampir menyatu dengan tulang dada, dan tahan hingga 5 detik.

Lakukan cukup 10 kali per hari. Jangan terlalu keras; lakukan dengan santai dan pelan.

3. Panggul Condong Kedepan


Panggul yang terlalu maju ke depan menyebabkan pantat kamu terlihat menungging. Kelainan ini biasanya disebabkan oleh tulang belakang bagian bawah yang nggak stabil. Ini bertambah parah kalau otot perut kamu gak terlalu kuat untuk menahan bebannya sendiri.

Cara Memperbaiki:


Kamu cukup berlutut dengan posisi di atas. Tekan tubuh ke depan hingga kamu merasakan peregangan di pinggul kiri. Kencangkan otot pantat hingga pinggul depan merenggang. Julurkan tangan kiri ke depan lalu ke kanan. Tahan 30 detik.

Itu baru 1 kali. Lakukan di sisi kiri dan kanan masing-masing 3 kali.

4. Bahu Yang Tidak Seimbang


Bahu miring bukan tandanya tubuh kamu cacat. Penyebabnya adalah otot di bawah dada (merentang dari tulang rusuk ke tulang belikat) kamu gak kuat. Untuk melatihnya gunakan kursi.

Cara Memperbaiki :

Duduk lurus di atas kursi dengan tangan di samping pinggul dan jari-jari yang terkepal. Tanpa menggerakkan tangan, tekan kursi hingga tubuh kamu terangkat dari kursi. Tahan selama 5 detik, itu baru sekali. Lakukan 2-3 set masing-masing 12 kali.

1 komentar:

  1. maksutnya 10x perhari itu dilakukan pada pagi3x.siang3x sore3x. atau gimana ya?

    BalasHapus